• Pengendalian Wereng Pada Tanaman Padi Sawah - TANI MANDIRI

    https://sumbertananaman.blogspot.com


    TANI MANDIRI - Didalam pertanian banyak berbagai macam komuditas seperti yang satu ini adalah pertanian padi di sawah, dari dulu sampai saat ini hama wereng menjadi sebuah hama utama yang mengakibatkan kerusakan cukup luas dan terjadi pada setiap musim tanam.


    Kerusakan yang di akibatkan oleh hama wereng dapat mengurangi penghasilan bahkan bisa menjadi gagal panen atau puso.
    Dalam kerusakan -kerusakan yang di sebabkan wereng baik secara langsung maupun tidak langsung, secara langsung karena kemampuan serangga wereng menghisap cairan jaringan tanaman padi sehingga menjadi kering dan akhirnya menjadi mati.
    Secara tidak langsung karena serangan wereng coklat dapat menjadi vaktor timbulnya virus sehingga tanaman padi menjadi kerdil atau hampa.



    Gejala serangan hama wereng dapat di lihat dari daun yang menguning kemudian tanaman mengering dengan cepat seperti terbakar, gejala ini dikenal dengan sebutan Hopperbum.
    Tanaman padi oleh serangan wereng dari satu hamparan dan menyebar ke semua arah dalam bentuk lingkaran dalam keadaan seperti ini populasi wereng coklat sudah tinggi.

    Langkah -langkah penanggulangan hama wereng secara umum dapat dilakukan dengan cara menggunakan variatas  tahan. penanaman padi serempak dan jarak tanam tidak terlalu rapat, pergiliran varietas dan pengendalian dengan insektisida.

    Dengan kerusakan tanaman padi yang terlihat di semua hamparan sawah yang dapat mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit maka pemberantasan hama ini perlu dilakukan dengan cara preventif, kuratif dan represif.

    1. Tindakan Prepentif

    Tindakan prepentif adalah tindakan yang bersipat pengamatan di lahan penanaman padl ini bisa di lakukan dengan cara :

    a.  Tanam padi serempak

    Dengan teknik tanam padi serempak adalah antisipasi menjaga penyebaran wereng yang berpindah dari tempat satu ke tempat lainya, dengan sistem tanam padi serempak dapat cepat memutus mata rantai populasi wereng itu sendiri.

    b.  Perangkap lampu

    Perangkap lampu merupakan perangkap yang umum di gunakan untuk pemantauwan migrasi dan pendugaan populasi serangga yang tertarik oleh cahaya hususnya wereng coklat.

    Hal - hal yang perlu di lakukan dalam menggunakan perangkap lampu antara lain:

    • Kontrasan lampu harus di tingkatkan semakin kontras semakin luas jangkauwan tangkapanya.
    • Perangkap lampu di pasang di pasang di pematang sawah 1,5 meter di atas permukaan tanah.
    • Lampu yang di gunakan harus di atas 40 wat agar cahaya menjadi lebih terang.
    • Lampu di nyalakan mulai pukul 18.00
    Langkah yang di lakukan di hasil tangkapan lampu harus di musnahkan dengan cara di bakar atau di timbun di bawah tanah.

    2. Tindakan Kuratif

    Tindakan kuratif adalah tindakan pengendalian hama wereng dengan menggunakan insektisida lewat cara yang di rekomendasikan. Tindakan ini bukan langkah pencegahan lagi melainkan langkah pembasmian.

    Penggunaan insektisida berupa serbuk di antaranya puradan, basudin, dan diazinon langkah penaburanya harus 3 atau 4 minggu sekali sedangkan berbentuk cair dilakukan dengan penyemprotan 1 minggu sekali.

    Dalam penggunaan insektisida harus menggunakan aturan -aturan pemakaiyan yang tertera di dalam brosur setiap produk yang kita akan gunakan.

    3.  Tindakan Represif

    Tindakan ini juka hama wereng sudah terjadi luar biasa dan kerusakan terjadi secara masal, tindakan yang harus di lakukan adalah petakan harus di keringkan, pencabutan dan pembakaran secara masal, melakukan pergiliran atau rotasi tanam, menggunakan bibit unggul yang tahan terhadap hama wereng.

    Dengan melakukan langkah - langkah di atas di harapkan serangan hama wereng dapat di tekan dan tidak dapat menyebabkan kerugian semakin besar seperti yang pernah terjadi, peran aktif semua pihak juga dapat berpengaruh pada keberhasilan dalam penanggulangan hama wereng ini.

    Sampai di sini semoga dalam bahasan ini dapat bermanfaat dan menjadi sebuah solusi dalam memecahkan permasalahan pertanian anda.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728