• Budidaya Tanam Padi Dan Pemupukan Untuk Petani Pemula - TANI MANDIRI

    https://sumbertananaman.blogspot.com

    TANI MANDIRI - Pembudidayaan tanaman padi memang sudah banyak di bicarakan namun  bagi para petani pemula mungkin belum banyak mengenal dan memahami bagai mana cara tanam dan pemupukan yang tepat dan benar, pemupukan yang tepat adalah  salah satu kunci untuk mendapatkan hasil panen secara optimal.


    Lalu bagai mana cara pemupukan padi yang baik dan tepat? mari kita simak sebagai berikut:

    Usia Tanam

    Tanaman padi membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda sesuai dengan tahapan usia tertentu, untuk memahami pemupukan pada tanaman padi kita harus mengetahui umur tanam padi terlebih dahulu. Sekarang banyak tanaman padi yang berumur gajah yang di berikan oleh pemerintah.

    Contoh tanaman padi Inpari 10 berumur 108-116 hari dan Inpari 13 berumur 113 hari, sedangkan jenis padi ciherang dan IR 64 umumnya berumur 115-125 hari.

    Dengan kondisi yang berbeda-beda para petani seringkali mengalami kesulitan untuk menentukan kapan waktu pemupukan yang tepat bagi keduanya.

    Tehnik pemupukan sangat relatif dosis dan waktu tidak ada ukuran secara pasti yang di berikan karena banyak sekali faktor yang harus di perhatikan.

    Setruktur tanah dan kondisi unsur hara di tempat yang satu dengan tempat yang lainya, tentu juga memerlukan teknik yang berbeda dalam hal pemupukannya.
    Salah satu contoh dosis dan jenis pupuk dan waktu yang paling tepat pada tanaman padi adalah:

    • Pemupukan susulan pertama yang di lakukan pada umur 7-10 HST pupuk yang di gunakan adalah:
    1. Urea 75 kg /h
    2. SP36 100 kg/h
    3. KCL 50 kg/h
    • Pemupukan susulan ke dua di lakukan pada usia padi berumur 21 HST menggunakan pupuk urea 150 kg /h.
    • Pemupukan susulan ke tiga ketika umur padi 42 HST dan pupuk yng di gunakan Urea 75 kg/h, KCL 50 kg /h.
    Dalam uraiyan pemupukan di atas didalam satu kali musim tanam padi pada luasan 1 hektar membutuhkan pupuk urea 300 kg , TSP 100 kg, dan KCL 100 kg.

    Tnaman padi memerlukan banyak N dan di bandingkan K atau P, pupuk urea perlu di berikan sebanyak 3 kali dan sedangkan KCL sebanyak 2 kali agar proses pengisian butiran padi lebis efisien dan sempurna.
    Untuk mengetahui kecukupan urea alam tanaman padi bisa di lihat pada helaiyan daun padi yang menghijau.
    Pada alat tepat warna terdapat bagian -bagian warna hijau dari hijau muda sampai hijau paling tua yang menggambarkan tinggkat hijau pada daun padi.

    Sebagai contoh hijau muda pada daun padi adalah menggambarkan kekurangan hara N sehingga perlu pemupukan.
    Dan jika daun padi menunjukan hijau tua tingkat terakhir maka tingkat unsur N sudah cukup sehingga tidak perlu lagi di berikan pupuk.
    Monitoring pemberian pupuk padasebuah alat BWD dilakukan pada umur 14 hari sampai berbunga 63 HST setiap 7 hari sekali.

    Pupuk kimia yang di berikan sebaiknya sebagai pupuk tambahan dari pupuk organik sebagai contoh pupuk kandang, pupuk organik sebaiknya di berikan 2 ton per hektar dalam satu kali tanam.

    Pupuk organik berfungsi untuk mengembalikan sifat-sifat tanah, memperbaiki setruktur tanah, meningkatkan kesuburan serta menggemburkan tanah yang telah padat karena efek penggunaan pupuk kimia.

    Demikian tentang uraiyan pemupukan yang tepat dan benar semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan dalam pertanian anda.


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728