• Pengendalian Hama Walang Sengit Pada Padi - Tani Mandiri

    https://sumbertananaman.blogspot.com

    TANI MANDIRI - Hama walang sengit adalah salah satu hama yang merusak semua jenis tanaman, ada tanaman yang paling di sukai walang sengit adalah tanaman padi.
    Walang sengit dengan mengeluarkan bau yang khas dan menyengat ketika ia dalam ancaman dan bau yang menyengat itu sebagai pertahanan diri dari predator pemangsa.


    Walang sengit masa hidupnya mampu bertahan 2 - 3 bulan dan walang sengit memiliki cairan bau yang khas bila keadaam mereka merasa terancam.

    Pada tanaman padi walang sengit merupakan hama yang berbahaya dan sangat merusak dan merusak sehingga akan mengakibatkan hasil produki penghasilan padi akan mengalami kegagalan.

    Walang sengit menyerang padi dengan cara menghisap cairan tungkai bunga serta bulir pada fase pengisian bulir, sehingga pengisian bulir tidak sempurna, bahkan bulir padi menjadi hampa.

    Walang sengit bisa di masukan hama yang berbahaya karena dapat mengakibatkan berkurangnya reproduksi padi sekaligus menurunkan kualitas gabah.


    Cara pengendalian walang sengit

    Pengendalian walang sengit di lakukan dengan secara terpadu yaitu dengan cara menerapkan berbagai metode pengendalian.
    Dengan pengendalian walang sengit dapat untuk menekan perkembangan walang sengit dan meminimalisir perkembangan walang sengit.

    Berikut cara pengendalian hama walang sengit dan mari kita simak sebagai berikut:

    Pengendalian walang sengit dengan melakukan sanitasi lingkungan.

    Sanitasi lingkungan adalah dengan membersihkan lingkungan area pesawahan untuk menekan tempat bersarangnya walang sengit.
    Membersihkan gulma dengan secara teratur dari masa tanam sampai masa panen berlangsung,dikarenakan gulma seperti rerumputan di manfaatkan walang sengit sebagai tanaman inang walang sengit yaitu rerumputan.

    Pengendalian walang sengit dengan kultur teknis

    Pengendalian hama walang sengit bisa di atasi dengan sistem kultur teknis yaitu dengan melakukan metode penanaman padi dilakukan dengan secara serempak.
    Dalam melakukan pemupukan harus dengan secara merata agar padi tumbuh seragam dan rata untuk mencegah perkembangan generasi hama semakin sedikit.
    Perlu anda ingat dengan penanaman padi dengan secara merata dan serempak sudah terbukti dapat menekan perkembangan populasi walang sengit semakin sedikit.

    Pengendalian hama walang sengit dengan menggunakan perangkap cahaya lampu di malam hari.

    Pengendalian walang sengit dengan memasang perangkap, yaitu dengan memasang beberapa lampu yang di lengkapi dengan perangkap.


    .Dengan perangkap seperti gambar di atas terbukti sangat ampuh untuk pengendalian berbagai macam hama seperti walang sengit, wereng, dan juga termasuk kupu - kupu putih.

    Pengendalian walang sengit dengan secara kimiawi

    Pengendalian walang sengit dengan kimiawi adalah dengan melakukan penyemprotan dengan menggunakan insektisida kimia. Pengendalian walang sengit dengan melakukan penyemprotan insektisida jika populasi walang sengit berada pada ambang kendali yaitu 6 ekor per satu meter persegi.

    Waktu penyemprotan walang sengit dilakukan dengan waktu walang sengit sedang aktif yaitu pada pagi
    dan sore hari.

    Demikian pengendalian walang sengit semoga bahasan di atas menambah informasi dan pengalaman dalam pertanian anda.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728